Dinkes Provinsi Lampung Kembali Tiba ke KPK

Jakarta,medianusantaranews.com- Nah Kau, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Lampung Reihana hari ini Rabu 22/05-23 kembali dipanggil memenuhi panggilan KPK di Jakarta untuk ke 2 kali nya setelah panggilan pertama pada Senin (8/05/2023) lalu.

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kembali memanggil Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Provinsi Lampung Reihana untuk mengklarifikasi laporan harta kekayaannya.

Reihana telah hadir di KPK pagi ini untuk menjalani klarifikasi yang dijadwalkan pada pukul 09.00 WIB. Sebelumnya, pejabat pemerintah provinsi yang viral lantaran memamerkan gaya hidup mewah itu telah memberikan klarifikasi atas LHKPN yang disampaikannya,Senen saat itu.

“Benar. Hari ini, Senin [22/5] Direktorat PP LHKPN mengagendakan permintaan klarifikasi Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Lampung,” ujar Juru Bicara KPK Bidang Pencegahan Ipi Maryati, Senin beberapa saat yang lalu.

Reihana tiba di KPK sejak pukul 08.20. Reihana nampak mengenakan baju putih bercorak garis-garis.

Reihana juga nampak menggunakan kerudung bercorak dan bermasker. Reihana langsung masuk ke lobi. Saat ini, Reihana nampak duduk menunggu panggilan klarifikasi.

KPK mengatakan ada ketidaksesuaian keterangan Reihana dengan LHKPN. KPK menyebut Reihana mengaku LHKPN-nya diisi oleh staf.

“Karena yang kemarin dia ternyata LHKPN-nya dibikin sama stafnya makanya lima tahun jumlahnya nggak berubah dia nggak tahu,” kata Deputi Pencegahan KPK Pahala Nainggolan kepada wartawan, Selasa (9/5) yang lalu.

Pahala mengaku KPK tidak persoalkan dalih yang digunakan Reihana. Karena menurutnya, KPK fokus pada kekayaan Reihana yang dinilai tidak sesuai dengan profil dan jabatan yang diembannya.

“Kalau tanggung jawab mah tetap yang namanya. Yang ngisi siapa nggak penting dan salah juga. Tapi akibatnya begitu kita tanya, ini kita dapat informasi kenapa bankmu nggak diisi, ‘oh itu staf saya yang isi’. Kenapa kamu nggak ada penambahan harta? Padahal kalau dilihat dari penerimaannya dan pengeluarannya kan, ‘oh itu staf saya yang isi’,” jelas Pahala.

“Jadi kalau ditanya staf saya, staf saya. Jadi ngisi stafnya itu bukan soal siapa yang ngisi tapi dia jadi lepas tanggung jawab,” tambahnya.

Pahala juga menyebut KPK telah mengantongi data perbankan Reihana. Menurutnya, Reihana memiliki enam rekening bank, tapi hanya satu yang dilaporkan dalam LHKPN.”Ada enam (rekening bank). Yang dilaporin satu,” kata Pahala.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Lampung Reihana sangat menjadi sorotan publik lantaran kedapatan pamer barang-barang mewah dan ternama yang diunggahnya di media sosial. Salah satu yang disorot adalah saat Reihana menenteng tas Hermes Birkin 40 seharga lebih dari Rp 150 juta.

Berdasarkan laman LHKPN, Reihana terakhir kali melaporkan harta kekayaan pada 16 Maret 2023. Reihana tercatat memiliki harta kekayaan sebesar Rp 2,7 miliar pada periode 2022. Aset terbesar ada pada kategori tanah dan bangunan yang mencapai Rp 1,9 miliar.

Sejauh ini Reihana telah menjabat lebih dari satu dekade sebagai Kepala Dinkes Lampung. Ia bertahan menjadi kepala dinkes di tiga era gubernur yang berbeda, yakni Sjachroedien ZP, M Ridho Ficardo, dan kini Arinal Djunaidi.(Red/Azakih Harosih/Andri)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *